Berpikir Kreatif · Grafika · Ilmu Desain Komunikasi Visual

Warna Dalam Ilmu Grafika

RGB Additive & CMYK Subtractive Color

Sistim warna yang dapat ditangkap oleh mata kita ada  2 macam yaitu warna Additive & Subtractive

“Monitor bekerja pada sistem warna RGB dan Mesin Cetak bekerja pada sistem warna CMYK”

Pada diagram diatas digambarkan perbedaan antara Additive Color (RGB atau “Red, Green, Blue”) Fig. 1, dan Subtractive Color (CMYK atau Cyan, Magenta, Yellow, Black) Fig. 2. Jika kita menkombinasikan Red, Green, dan Blue pada Additive Color process, akan menghasilkan warna putih.

Pada Additive Color process, putih adalah kombinasi dari semua warna. Pada Subtractive Color (CMYK) process, Jika kita mengkombinasikan warna Yellow, Cyan, and Magenta (CMY), menghasilkan warna Black. Jadi pada Subtractive Color process, Black adalah kombinasi dari semua warna.

  • Jika kita menkombinasikan Red, Green, dan Blue pada Additive Color process, akan menghasilkan warna putih.
  • Pada Additive Color process, putih adalah kombinasi dari semua warna.
  • Pada Subtractive Color (CMYK) process, Jika kita mengkombinasikan warna Yellow, Cyan, and Magenta (CMY), menghasilkan warna Black.
  • Jadi pada Subtractive Color process, Black adalah kombinasi dari semua warna.

Aplikasi warna RGB  & CMYK pada Color Picker

Pada palet formula warna Photoshop sampel warna RGB, CMYK, atau  Web “Hexadecimal” (#), secara manual kita bisa memasukkan presentasi angka CMYK atau RGB hasilnya akan tampil pada  kotak Color Picker.

Warna RGB ada 3 kolom mempunyai nilai 0 – 255. Angka “0, 0, 0″ adalah solid black, “255, 255, 255″ menghasilkan pure white.

Pada warna CMYK ada 4 kolom mempunyai nilai 0 – 100. Angka “0, 0, 0, 0” menghasilkan warna pure white. Angka “100, 100, 100, 100” adalah solid black.

Perbedaan Channel RGB  & CMYK pada Photoshop

Color Space (Luas Warna)

Warna mempunyai batasan-batasan Cakupan luas tertentu. Warna yang dapat dilihat oleh mata kita mempunyai luas warna yang paling besar.

Sedangkan berbagai peralatan ciptaan manusia yang menggunakan warna, mempunyai luas warna yang lebih sempit.  Luas warna biasa disebut GAMUT

Definisi Gamut secara lengkap…

“Gamut adalah jumlah warna total yang dapat diproduksi atau ditangkap oleh suatu alat atau mata.”

Mata manusia mempunyai gamut yang lebih luas dari Monitor warna 24-bit; ini berarti mata manusia dapat menagkap warna lebih banyak daripada warna yang dihasilkan oleh monitor. Gamut dari  monitor lebih luas dari gamut printer.

  • Monitor bekerja pada sistem warna RGB dan printer bekerja pada sistem warna CMYK.
  • Karena monitor dan printer menggunakan mode warna yang berbeda maka kita tidak mungkin bisa mencetak semua warna yang tampil pada monitor.
  • Ketika kalian mencetak gambar berformat RGB maka gambar tersebut secara otomatis akan dikonvert ke format CMYK yang paling mendekati.
  • Bila kita tidak mengatur penyesuaiannya terlebih dulu, Maka warna yang tercetak akan rusak / tidak sesuai dengan desain yang diharapkan!!!

Warna gamut RGB lebih luas dari CMYK, warna CMYK dapat terbaca pada sistem warna RGB, tetapi warna RGB tidak semuanya dapat terbaca pada sistem warna CMYK.

Oleh: Annas Marzuki Sulaiman