Berpikir Kreatif

Pesan-Pesan Melalui Media: Cover Majalah Tempo Melecehkan Islam…

tempo menghina Islam
tempo menghina Islam

Dalam menyampaikan pesan, seseorang atau organisasi menggunakan simbol-simbol penuh makna yang menggambarkan apa tujuan dari penyampai pesan tersebut kepada masyarakat. Simbol-simbol pesan tersebut bisa bersifat konotatif maupun denotatif. Terkadang pesan tersbut bersifat negatif dan bertujuan untuk memojokkan kelompok tertentu.

Salah satu contohnya Pada cover majalah tempo dalam edisi Februari 2014 bertajuk transaksi mahal label halal, sebagai majalah yang sangat getol membenci Islam, tempo dengan terang-terangan menunjukkan kebencianya terhadap Islam, selain beritanya yang memojokkan MUI juga melalui pesan komunikasi visual yang terdapat pada covernya.., Headline pada cover tersebut bertuliskan “ASTAGA! LABEL HALAL” yang bisa dimaknai sebagai keterkejutan tentang label halal, Namun yang patut diperhatikan adalah adanya gambar makanan kaleng yang dikemas dengan label halal, namun yang ditampilkan adalah gambar babi.

Pada gambar makanan kaleng tersebut, tulisan Halal dibuat dengan besar agar rterlihat jelas lengkap dengan logo hala MUI di bagian bawah pada gambar kemasan tersebut, pemilihan gambar babi dalam cover tersebut sudah barang tentu dipikirkan oleh pembawa pesan, dalah hal ini adalah pemimpin, redaktur ataupun orang-orang yg punya kepentingan dalam pesan majalah tempo tersebut. Pesan ini bisa dipersepsikan bahwa babi itu halal atau label halal itu seperti babi… Padahal babi bagi umat Islam haram untuk dikonsumsi, Menurut saya ini adalah bentuk penghinaan terhadap ekstensi halal dan MUI dalam agama Islam.

Waspadalah…

Iklan