Berpikir Kreatif · Kreatifitas

Bagaimana Proses Kreativitas Seni Berlangsung?

Kreativitas, aksi seni atau penciptaan, adalah sebuah pendekatan, keterampilan, karakteristik dan bakat dalam mengatasi situasi, masalah atau peluang, baik dalam bisnis dan dalam kehidupan.  Kreativitas dapat didefinisikan sebagai aktivitas kognitif atau proses berpikir untuk menghasilkan gagasan-gagasan yang baru dan berguna atau new ideas and useful (Halpern, 1996). Proses kreatif itu sendiri berupa rangkaian peristiwa atau kegiatan yang kita lakukan untuk menghasilkan cara imajinatif, namun relevan dalam mendekati tantangan.

Csikszentmilyi (1996) menggambarkan proses kreatif terdiri dari lima langkah: persiapan, inkubasi, wawasan, evaluasi dan elaborasi.

Dengan penjelasan sebagai berikut:

Persiapan
Pendalaman dalam satu set isu-isu permasalahan yang menarik dan membangkitkan rasa ingin tahu.

Inkubasi atau pengeraman
Ide yang bergejolak di bawah tingkat kesadaran, menghasilkan hubungan-hubungan tertentu.

Insight atau pemahaman
Fase dimana telah terjadi pemahaman akan permasalahan atau masa dimana kita telah menemukan kunci jawaban dari permasalahan.

Evaluasi
Mengecek untuk mengetahui apakah pemecahan itu berhasil atau mengalami kendala.

Elaborasi
Memutuskan jawaban dari permasalahan yang paling tepat dan layak untuk dikembangkan, dan Mengubah wawasan menjadi sesuatu yang nyata.

Menurut Edison  kreativitas terdiri dari 1% inspirasi dan 99% partisipasi. Jadi apabila hanya ide-ide saja tanpa ada proses untuk mewujudkannya, maka kreativitas tidak akan terjadi.

Daftar Pustaka:

Buku Design Management by Kathryn Best

http://notivication5.blogspot.co.id/2009/10/sejarah-perkembangan-kreativitas.html