Kelir Tanpa Batas

 

Judul Buku              :  KELIR TANPA BATAS

Penulis                       :  Umar Kayam

Cetakan                      :  2001

Penerbit                     :  Gama Media

Tempat terbit        :  Yogyakarta

Jumlah Hal.            :  312 Halaman

 

Buku karangan Umar Kayam ini secara umum berisi tentang seluk-beluk seni pertunjukan wayang yang ada di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, Wilayah Jawa Tengah, serta Wilayah Jawa Timur. Buku ini terdiri dari enam bab. Pada bab satu berupa bab pendahuluan, isinya uraian dari penulis mengenai kesenian wayang, menurutnya wayang merupakan hal yang tak terpisahkan dengan Jawa, kejawan, dan manusia Jawa. Wayang kulit merupakan bentuk kesenian Jawa yang mampu menyesuaikan diri dengan berbagai  keadaan yang tersedia dalam babakan sejaraah panjang manusia Jawa.

Buku ini juga membahas tentang kehidupan wayang kulit Jawa sekitar tahun 1993-1995, menyangkut latar belakang kehidupan dalang, tempat tinggal, pendidikan, frekuensi pertunjukan dan pakem atau  pola dasar pertunjukan. Wayang kulit sudah melembaga di dalam lapisan masyarakat Jawa, menjangkau wilayah pedesaan dan melibatkan banyak dalang. Untuk mengadakan penelitian, penulis mewawancarai para dalang dan berdasarkan buku yang sudah ada.

Dalang memiliki peranan sosio-religius sebagai aktualisasi dari tertib semesta. Mereka memilki orientasi kepada penguasa dan kepada rakyat. Secara tidak langsung dalang terlibat dalam masyarakat nasional dan modern. Semula wayang terikat dan patuh pada otoritas teks tertulis dari India. Para dalang banyak yang keluar dari pakem dan bersifat responsive terhadap audiens. Setiap Rebo Legi di rumah Anom Suroto selalu diadakan  pertunjukan wayang kulit yang bersifat eksperimentasi estetik dengan berbagai penyimpangan dari yang bersifat konvensional. Dengan demikian wayang kulit bersifat lentur dan adaptatif terhadap lingkungan. Dalang ditempatkan sebagai orang yang mampu among tempat dan among waktu.

 

Catatan:Resensi ini hanya sebagian yang saya tampilkan (1 halaman dari 10 halaman), bila anda memerlukan ulasan resensi yang lebih lengkap silakan hubungi saya melalui email: anazdesign@gmail.com

 

Annas Marzuki Sulaiman, S.Sn

 

TRIMS YA KOMENTARNYA...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s