Strukturalisme Levi-Strauss

Judul Buku        :  STRUKTURALISME LÉVI-STRAUSS MITOS DAN KARYA SASTRA

Penulis                 :  Heddy Shri Ahimsa-Putra

Pengantar          :  Dr. Pm. Laksono

Cetakan               :  Oktober 2006

Penerbit              :  Kepel Press

Tempat terbit :  Yogyakarta

Jumlah Hal.     :  493 Halaman

Claude Lévi-Strauss merupakan ahli antropologi Prancis yang konsisten menggunakan paradigma struktural dalam pemahaman atas fenomena sosial-budaya yang beraneka ragam. Telah banyak buku dan artikel yang telah ditulisnya dan menjadi bahan rujukan bagi para ilmuwan sosial-budaya di dunia barat. Namun menurut Ahimsya, pemikiran-pemikiran Lévi-Strauss tersebut tidak mudah dipahami oleh para ilmuwan sosial-budaya di Indonesia karena paradigma struktural Lévi-Strauss banyak diilhami oleh linguistik; sebuah disiplin ilmu yang tidak populer di kalangan pakar sosial-budaya di Indonesia. Selain itu sebagian besar ilmuwan sosial-budaya menganut epistemologi positivisme yang berbeda paradigma struktural Lévi-Strauss yang merupakan sebuah epistemologi baru.

Dengan buku yang ditulisnya ini, Ahimsya mencoba untuk menterjemahkan pemikiran-pemikiran Lévi-Strauss agar lebih mudah dipahami oleh para pembaca di Indonesia yang umumnya belum begitu mengenal nama Levi-Strauss. Dengan demikian pembaca bisa paham dan sadar akan manfaat dari Paradigma Struktural yang dikembangkan oleh Levi Strauss, serta kenyataan bahwa paradigma ini telah mampu melampaui batas-batas disiplin keilmuan yang selama ini masih dijaga dan dipertahankan dengan ketat oleh sebagian ilmuwan sosial budaya di Indonesia yang belum mampu menangkap tanda-­tanda zaman, yang ditandai dengan semakin menipis dan mengaburnya batas-­batas disiplin keilmuan. Menurut Ahimsya strukturalisme Levi-Strauss merupakan sebuah Paradigma Antropologi yang paling strategis untuk memahami pluralitas budaya yang ada di Indonesia, karena melalui Paradigma ini kita dapat dengan lebih mudah namun tetap komprehensif memahami keaneka-ragarnan budaya tersebut tanpa harus mengorbankan pengetahuan kita yang detail tentang pernik-pernik kebudayaan yang memang begitu kaya di Indonesia. Untuk menjelaskan pemikiran-pemikiran Lévi-Strauss, Ahimsya juga menampilkan beberapa contoh analisis struktural ala Lévi-Strauss yang telah diterapkan pada sebuah mitos dari kalangan orang Bajo, dan pada dua buah cerpen Berta serta sebuah novel yang ditulis oleh Umar Kayam. Contoh-contoh analisis tersebut juga digunakan oleh Ahimsya untuk meyakinkan pembaca bahwa analisis struktural dapat digunakan oleh siapa saja, tidak hanya oleh Lévi-Strauss.

Buku ini terdiri dari sepuluh bab, dimana berdasarkan atas topik besarnya; seperti yang diutarakan oleh Ahimsya; terbagi dalam empat bagian. Bagian awal (bab I) Ahimsya memaparkan kisah tentang perjalanan hidup dan karir Lévi-Strauss sebagai seorang Yahudi yang dimulai dari studi mengenai hukum dan filsafat, dan kemudian berakhir dalam antropologi. Di sini juga dipaparkan perjalanan Lévi-Strauss di beberapa tempat yang berujung dengan pertemuan dengan beberapa orang tokoh yang sedikit banyak mempengaruhi pemikiran-pemikirannya, kemudian juga beberapa penelitian lapangan yang pernah dilakukan oleh Lévi-Strauss terutama yang telah dilakukan di daerah-daerah pedalaman negara Brazil sebelum dia mencapai tingkat ‘dewa’ dalam dunia akademik. Selain itu pada bab ini juga dipaparkan bebeberapa karya Lévi-Strauss berupa buku dan artikel yang memperlihatkan ketepatan dan manfaat analisis struktural yang dipeloporinya misalnya karya monumental mengenai mitos-mitos orang Indian di benua amerika. Ada hal menarik yang dituliskan Ahimsya pada bab ini yaitu fakta bahwa Lévi-Strauss sebagai teoritis yang tenar dalam disiplin ilmu antropologi ternyata tidak memiliki prestasi penelitian lapangan yang hebat, penelitian lapangan yang dilakukanya hanya dalam jangka waktu yang cukup pendek dan tidak begitu mendalam.

 

Catatan:Resensi ini hanya sebagian yang saya tampilkan (2 halaman dari 10 halaman), bila anda memerlukan ulasan resensi yang lebih lengkap silakan hubungi saya melalui email: anazdesign@gmail.com

 

Annas Marzuki Sulaiman, S.Sn

 

3 thoughts on “Strukturalisme Levi-Strauss

  1. Mas Anas, saya mencari buku Strukturalisme Levi-Strauss yang ditulis Prof H.S.Ahimsa Putra. Saya pernah miliki buku tsb. Namun dipinjam teman dan tidak dikembalikan. Karena itu, jika mas Anas punya informasi di mana bisa pesan buku itu, tolong kasi tau saya di nomor ini: 081247262695. Terima kasih.

    Suka

TRIMS YA KOMENTARNYA...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s